Rabu, 26 April 2017

KONSULTASI TEKNOLOGI KOMPUTER

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada postingan saya kali ini mengenai

10 Pertanyaan tentang kesulitan dalam penguasaan teknologi  dari catatan teman saya  Tias Herawati.

Nama : Tias Herawati 
Kelas : XI Multimedia 1

Di bawah ini 10 pertanyaan berikut solusi J
1.      Tuliskan langkah – langkah memasang mainboard !
Jawab :
Langkah – langkah memasang mainboard dengan benar



Memasang mainboard sesuai dudukannya pada cassing memang bukan hal yang sulit tapi juga bukan hal yang gampang karena hal tersebut juga perlu kehati-hatian bila kesenggol sampai patah atau lecet mainboard anda maka awas bisa jadi mainboard anda tidak sempurna lagi jadi perlu hati-hati, berikut ini ada beberapa tips untuk anda memasang mainboard yang benar sesuai dengan dudukan casingnya:
1. Kenal pasti lokasi rear panel cover. Pasang rear panel cover dari dalam casing. Gunakan test pen atau screw driver minus bersaiz kecil untuk memasang rear panel cover.
2. Kenalpasti lokasi stud dan lubang untuk dimasukkan screw motherboard.
3. Masukkan motherboard dengan cara memasukkan motherboard ke dalam rear panel cover terlebih dahulu. Berhati-hati supaya tiada komponen motherboad yang patah/rosak dengan cara memegang bahagian tepi casing sahaja.
4. Gerakkan motherboard ke arah lokasi lubang screw yang betul.
5. Screw motherboard dengan menggunakan screw driver dan jenis screw yang betul. Untuk memudahkan kerja, sila screw mengikut susunan yang bertentangan terlebih dahulu (seperti memasang roda kereta), kemudian baru ketatkan semua screw.
6. Pastikan screw yang dipasang tidak longgar supaya motherboard tidak tertanggal. Pastikan juga screw yang dipasang tidak terlalu ketat supaya tidak merosakkan/memecahkan motherboard.
7. Motherboard telah siap dipasang. Periksa semula bagi memastikan tiada kesilapan dilakukan.
2.      Sebutkan macam – macam program aplikasi yang dapat di pasang pada sistem operasi DOS ?
Jawab :
KSpread, StarOffice Calc, Open Office Calc, GNOME Office, XESS, Lotus 123,

3.      Sebutkan tugas BIOS saat booting !
Jawab :

-          Inisialisasi serta pengujian terhadap perangkat keras yang disebut dengan POST
-          Memuat dan menjalankan sistem operasi
-          Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
-          Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Service

4.      Bagaimana cara BIOS  memberitahu penguna computer jika terjadi masalah pada computer yang di gunakan ?
Jawab :
-          Mengeluarkan bunyi atau suara yang menunjukkan bahwa perangkat pada mainboard belum terpasang dengan benar.
-          Menapilkan pesan kesalahan ke layar monitor, misalnya keyboard error dan fatal error  
-          Menampilkan pesan berbentuk bilangan heksadesimal ke layar monitor

5.      Jelaskan bagaimana hubungan antara system operasi dengan BIOS  !
Jawab :

Persamaan sistem operasi dengan BIOS adalah sama-sama mengatur dan mengendalikan perangkat keras. Perbedaannya adalah BIOS bekerja pada saat booting, sedangkan sistem operasi bekerja setelah proses booting.

6.      Langkah apa yang harus dilakukan jika salah satu program aplikasi dalam keadaan Not Responding !
Jawab :

Banyaknya program aplikasi yang dijalankan dapat menyebabkan suatu masalah bagi memori dan prosesor komputer. Bisa jadi memori dan prosesor tidak mampu menyeimbangkannya karena begitu banyak proses yang harus dilakukan. Jadi, untuk menghadapi komputer yang hang ini, kita dapat melakukan perintah dengan menekan tombol pada keyboard : Ctrl+Alt+De, klik Task Manager, kemudian hentikan atau tutup terlebih dahulu beberapa program aplikasi yang aktif.

7.      Manakah yang lebih bagus system operasi windows 7 atau 10 ?
Jawab :
Windows 10 merupakan gabungan dari windows 7 dan 8, oleh karena itu ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang di milikinya, singkatnya dari segi performa diambil dari windows 7 dan dari tampilan miri windows 8. nah berikut beberapa perbandingan yang saya ketahui antara windows 7 dan 10.

1.      PERFORMA


Dari gambar di samping dapat kita simpulkan bahwa dari segi performa windows 7 lebih baik dari pada windows 10, dan ternyata windows 8.1 juga tidak kalah dari windows 10, 
Keterangan gambarnya adalah bagian yang berwarna pink adalah windows sudah terdapat atau sudah di instal 15 aplikasi terpopuler, seperti office, adobe dll. sedangkan warna biru adalah windows yang belum terinstal aplikasi apapun, atau setelah clean install windows.

2. TAMPILAN MENU


Disamping adalah perbedaan start menu, dari windows 7 dan 10, dapat kita lihat, tampilan start menu dari windows 7 terlihat simple dan jadul, sedangkan windows 10 terlihat keren dan moderen karena menggunakan tampilan metro flat design. perlu di ketahui bahwa tampilan start menu windows 10 ini di adobsi dari windows 7 dan windows 8.1 dan menjadi tampilan seperti gambar tersebut. dapat kita simpulkan dari segi tampilan menu lebih bagus windows 10.

3. GRAPHICS


Kita dapat melihat perbandingan2 buah screenshot GTA 5 disamping, windows 10 medapat fps 76 sedangkan windows 7 hanya 70 saja, dan dari segi bayangan atau shadow windows 10 sangat lebih baik dari windows 7, dan perlu di ketahui bahwa windows 10 sudah suport DirecX 12 jadi akan meingkatkan performa dalam bermain game anda. dan dapat disimpulkan bahwa dari segi graphics windows 10 lebih baik dari windows 7

4. FITUR


Tentu saja dari segi fitur kalian sudah tau bahwa yang lebih baik adalah windows 10, namun fitur apa saja yang ada pada windows 10, berikut adalah fitur baru windows 10
  • Tampilan Strat Menu yang Multi Fungsi
  • Browser Microsoft Edge
  • Cortana
  • Bash Linux (yang paling unik)
  • Costum lock screen
  • dan masih banyak lagi
dari banyak fitur baru yang ada pada windows 10 yang paling menarik adalah adanya fitur bash linux yang dapat kalian download melalui wondows store. Bash linux ini berjalan selayaknya perintah-perintah di sistem operasi Linux pada umumnya.

8. Apa penyebab dari layar laptop yang tidak menampilkan apa – apa padahal laptop dalam keadaan menyala ?
Jawab :
Deskripsi masalah: Laptop Hidup Tidak Ada Tampilan atau laptop menyala, lampu LED pada laptop nyala, pendinginan kipas bekerja tapi tidak ada yang muncul di layar. Layar benar-benar hitam dan kosong. Tidak ada gambar di layar sama sekali, bahkan gambar sangat redup juga tidak ada.
Kemungkinan kerusakan Laptop hidup tidak ada tampilan :
1.      Memory utama rusak
2.      VGA rusak
3.      Monitor rusak
4.      Motherboard rusak
5.      Kemungkinan rusak Inverter
Laptop Hidup Tidak Ada Tampilan, dan Solusinya;

·         Masalah Laptop hidup
tidak ada tampilan dapat dikaitkan dengan kegagalan memori. Mungkin dari modul memori gagal dan laptop tidak menyala karena itu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.
·         Jika reseating / mengganti modul memori tetapi tetap Laptop hidup
tidak ada tampilan, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll … Dengan kata lain, bongkar laptop dan hanya terpasang peralatan minimal dan uji lagi. Jika laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.
·         Jika anda sangat yakin power supply dan atau battery laptop bekerja dengan baik dan teryata Laptop hidup
tidak ada tampilan apapun dilayar monitor, perhatikan adakah bunyi tertentu saat komputer dihidupkan seperti bunyi bip dengan panjang dan jarak tertentu. Jika tidak ada maka kemungkinan kerusakan ada pada rangkaian mainboard, mikroprosesor, atau ROM BIOS.
·         Jika ada bunyi yang agak panjang berulang-ulang pada jarak tertentu, maka ada 2 kemungkinan kerusakan VGA card atau memory RAM.
·         Dalam Laptop hidup tidak ada tampilan jika bunyi bip tadi tidak panjang tetapi berulang-ulang maka kemungkinan besar kerusakan adalah VGA atau display adapter
·         Jika bip yang terdengar adalah panjang dan terus-menerus, maka kerusakannya ada pada SIMM RAM.  Oleh sebab itu bisa mencoba menukarkannya dengan SIMM RAM yang lain.
·         Saat POST-ing ada tampilan tetapi saat akan memasuki jendela System Operasi tampilan hilang. Periksa CPU Speed pada Advance Menu dalam Setup BIOS apakah sesuai atau tidak. Pengaturan CPU Speed yang tidak sesuai/melebihi nilai nominalnya, menyebakan masalah ini timbul. Perbaiki jika ada perubahan.
·         Jika langkah di atas masih tetap Laptop hidup tidak ada tampilan, maka kemungkinan CPU laptop rusak.
·         Kasus di atas dapat juga disebabkan oleh Kerusakan pada Hard Disk terutama kerusakan regulator Hard disk. Jika ini terjadi maka yang menyala hanya hanya LED indikator power, sedangkan pada layar tidak akan ada tampilan sama sekali.
·         Dalam kasus tertentu kerusakan regulator CD ROM juga dapat menyebabkan hal ini juga terjadi.
·         Untuk melakukan uji coba yang lain, lepaskan Harddisk, CD ROM dan tes laptop kembali.
·         Kemungkinan lain yang menyebabkan Laptop hiduptidak ada tampilan ada pada Monitor

9.      Bagaimana cara mengatasi koneksi wifi tidak terbaca oleh laptop ?

Cara Mengatasi Wifi Yang Tidak Terdeteksi Internet
Jika kedua hal diatas sudah anda cek dan ternyata normal dalam artian adan berada di area wifi dan kondisi jaringan wifi sedang normal maka berikut cara mengatasi wifi yang tidak terdeteksi dengan baik di laptop windows 7 :

1. Cara pertama ; Cek apakah driver WIFI laptop sudah terinstall sesuai seri laptop dan sudah tidak terdapat tanda seru (!) pada device manager, langkah mengeceknya klik Start >> Control Panel >> Device Manager >> Network Adapter, cek apakah di bagian network adapter sudah terinstall driver Wirelles dan sudah tidak terdapat tanda seru (!), jika sudah skip ke cara selanjutnya, namun jika ternyata blm ada drivernya atau sudah ada tapi masih ada tanda seru berarti anda perlu memperbaikinya/menginstall ulang driver laptop yang sesuai.

2. Cara kedua ; Nyalakan Wifi internet di laptop anda, caranya di Fn+F10 (untuk laptop axio), ada yg Fn+F3 dimana setiap type laptop mempunyai kombinasi shurtcut yang berbeda-beda cara mudah untuk mengetahuinya anda klik bebarengan tombol (Fn+tombol yang ada symbol sinyal/pemancar) dan dalam beberapa type laptop seperti toshiba lampu indikator wifi akan menyala yang menandakan sinyal wifinya sudah anda hidup/aktifkan.
3. Cara Selanjutnya jika belum kelar juga, padahal sudah mengikuti cara diatas maka anda bisa melakukan cara ini, yakni :
§  Masuk ke control panel melalui Start >> Control Panel, kemudian pada bagian View By : anda pilih yang large Iconsehingga tampilannya seperti ini
§  Selanjutnya pilih Windows Mobility Center, sehingga akan tampil seperti ini

§  Pada bagian wirelles akan terlihat status wirelless “wifi” internet anda, jika statusnya “wireless off” berarti wifi anda masih belum aktif.
§  Berikutnya anda bisa mengaktifkan wifi anda dengan memilih tombol “Turn Wireless On”
§  Jika sudah, untuk melihat hasilnya apakah berhasil atau tidak silahkan coba buka browser dan coba untuk mengakses internet.
10.  Bagaimana cara merawat laptop yang benar – benar agar tidak cepat rusak ?

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat
Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer.
Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor.
Baca juga : Tips ampuh memilih laptop gaming

2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur
Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman.
Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

3. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.
Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya.
Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda. Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop
Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal.
Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin
Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.
Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda
Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.
Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.

7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil
Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Namanya juga anak kecil, bisa jadi mereka menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan.

8. Jauhkan Makanan dari Laptop
Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard.
Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari
Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
Mengunduh software sembarangan dari internet  dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.
Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.

11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

12. Perhatikan Suhu Laptop Anda
Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.
Seperti yang di alami teman sekelas saya, dia sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya.
Alhasil, setelah saya cek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor. Mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira 1 tahun.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat Kawan J

1 komentar:

  1. Best 777 Casino Rd New London, WC1E4F - Mapyro
    777 안성 출장마사지 Casino Rd New London, WC1E4F. Find Casinos Near 논산 출장샵 Me. 경상남도 출장안마 Map. 777 Casino 성남 출장샵 Rd 거제 출장마사지 New London, WC1E4F.

    BalasHapus